Minggu, 11 Agustus 2013

Yuk Puasa Syawal

Bismillahirrohmanirrohim
                                 

Ramadhan sudah berlalu, berharap semoga tahun depan kita bisa bertemunya kembali. Dan sekarang kita telah memasuki bulan syawal, bulan yang sangat ditunggu oleh umat islam untuk meraih kemenangan. Sebab, setelah berpuasa satu bulan penuh dengan menahan hawa dan nafsu, meningkatkan amal ibadah guna berharap meraih ridho-Nya.

Dan kini tibanya sedikit share, ada amalan sunnah yang dilakukan oleh Rasulallah saw dibulan syawal ini, yaitu kita disunnahkan untuk berpuasa syawal. Jika kamu mencintai Nabimu, Rasulallah saw maka ikutilah sunnah-sunnahnya. Nabi bersabda,

"Barangsiapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari dibulan syawal. maka (pahalanya) seperti ia berpuasa seperti satu tahun." (HR.Muslim)

Namun,bagi kita yang masih mempunyai hutang puasa di bulan Ramadhan diwajibkan untuk membayarnya terlebih dahulu. Karena kenapa ? Kita mendahulukan yang wajib terlebih dahulu dari pada sunnah.

Sedangkan untuk waktu pelaksanannya. Itu boleh dimulai sejak 2 syawal hingga akhir syawal (30 hari). Dan puasanya pun tidak mesti berurutan setiap harinya. Tapi, bagi saya berurutan itu adalah hal yang utama selagi kita mampu untuk menjalankannya. Karena, kita kan tak pernah tau umur kita sampai kapan didunia ini. Sehingga, untuk selanjutnya kita bisa melanjutkannya dengan puas-puasa sunnah lainnya, Puasa hari Senin dan Kamis, puasa tiga hari dalam setiap bulan, puasa enam hari di bulan Syawal, puasa pada sepuluh hari di bulan Dzulhijjah dan di hari ‘Arafah, puasa ‘Asyura serta puasa sehari sebelum atau setelahnya.

"......maka (pahalanya) seperti ia berpuasa seperti satu tahun."
Subhanallah yah, kalau dipikir-pikir  rada susah untuk puasa selama satu tahun. Namun, dengan hal ini Allah memudahkan kita untuk meraih pahala puasa ibarat seperti berpuasa selama satu tahun. Hanya dengan berpuasa Ramadhan (30 hari) dan syawal (6 hari). Allahuakabar !!!

Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kemudahan untuk menjalankannya.

0 comments:

Poskan Komentar