Sabtu, 17 Agustus 2013

17 Agustus 2013

Bismillahirrohmanirrohim
"Satu nikmat dan karunia pagi ini, yaitu Allah masih membangunkanku dari mati sejenak (tidur). Allah masih memberikanku kesempatan hidup dan menikmati sejuknya udara.". Alhamdulillah..
Pagi ini begitu cerah. Matahari bersinar menerangi Bumi Indonesia. Ia tersenyum kembali. Semangat yang luar biasa, yang selalu setia menerangi bumi ini. Para penghuni bumi pun bersemangat untuk menjalankan aktivitasnya. Seperti semangat para pejuang pasukan pengibar bendera (paskibra). Ya, hari ini adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia. Itu tandanya akan ada upacara bendera, sebagai tanda untuk memperingatinya. Sudah 68 tahun (1945-2013) Bangsaku ini merdeka. Merdeka ? Iya. Bebas dari penjajahan.
Ketika di SMA saya menjadi seorang paskibra di sekolah selama 3 tahun. Butuh proses yang panjang untuk bisa menjadi seperti sekarang, disiplin,tangguh,bertanggungjawab, saling mengasihi, berbagi dan memiliki kepribadian yang baik. Hari ini genap 2 tahun saya telah resmi menjadi alumni paskibra. Tahun kemarin, saya tidak sempat melihat 17an di sekolah karena saat itu saya ada agenda penting di kampus, kepanitian besar Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru seperti semacam ospek. Sedangkan tahun sekarang, 17 Agustus 2013. Saya mencoba menyempatkan hadir 17an. Melihat adik-adik untuk mengibarkan bendera disekolah. Dimana, butuh latihan yang ekstra agar saat pengibaran mencapai yang maksimal.
Dengan segenap rasa rindu akan suasana itu. (lebay ya).Pagi ini, ku hadir di SMA. Tepat sekali, saat saya datang adik-adik akan mengibarkan bendera Merah Putih. Merasa deg-deg an saat pengibaran itu adalah hal yang biasa. Gimana ga deg-deg an, saat kami berjalan suasana sangat hening. Hanya langkah kaki kami yang terdengar. Disitulah kita semua bisa merasakan hasil jerih payah selama ini. Dan yang paling buat kami lega adalah ketika bendera telah dibentangkan. Karena kami khawatir jika bendera itu terbalik. Astagfirulloh.. Alhamdulillah hal ini ga pernah terjadi.
Paskibra, menurutku adalah salah satu ekstrakurikuler yang cukup bergengsi dan terkenal di sekolah. Karena kenapa ? Orang yang ada didalamnya adalah orang-orang yang tangguh. Tidak hanya berpenampilan rapi dan disiplin. Banyak juga dari mereka adalah pentolan2 kelas, maksudnya memiliki prestasi di kelas maupun di luar.
Setelah pengibaran, seperti biasa kami bersalaman dan dengan pembina,guru-guru dan kepala sekolah. Dilanjutkan dengan foto2. Mulai deh narsisnya hehe. Kemudian, kepala sekolah dan pembina memberika sedikit tausyiah atau motivasi kepada kami. Ada yang saya kutip saat kepala sekolah memberikan motivasi. Beliau berkata, " Kalian di paskibra memang ga sama tinggi, ada yang pendek, sedang dan tinggi. Namun, jiwa dan semangat harus sama rata bahkan harus lebih." (sedikit modifikasi).
Hal yang berbeda 17an kali ini yaitu, kami melakukan lomba2 tradisional. Apa saja ? mau tau aja ? atau mau tau banget ? hehe Lebay. Ya, antara lain Lomba Kelereng, Bakiak,Makan kerupuk, cepat2 menghabiskan makanan (pisang,kerupuk, biskuit, keripik singkong dan teh pahit),balap karung, dan tarik tongkat, loh ?!, iya, berhubung tali tambangnya ga ada jadi kita pakai tongkat pun jadi. Semakin seruu..hehe
Ada kebahagian dan rasa syukur disana.
1. Bahagia dan bersyukur karena bisa menikmati lomba2 tradisional lagi. Karena, mungkin lomba2 seperti itu sudah jarang dilakukan. Apalagi zaman sudah modern gini. Mungkin hanya beberapa daerah yg melakukan. Tapi, salut untuk daerah2 yg masih mempertahankannya. Karena kenapa ?Menurutku, disana terlihat sekali kesederhanaanya.
2. Bahagia dan bersyukur karena di hari terakhirku berada di Lampung, bisa bertemu dengan adik2 dan kakak paskibra. Mencoba mengumpulkan semangat kembali. Bersama mereka kami mengukir sejarah.
3. Bahagia dan bersyukur karena moment seperti ini sangat jarang dilakukan, Silaturahim sekali setahun. Ya, mengingat kesibukan masing2 dan para alumni ada yang kuliah menyebar di Indonesia. Saat 17an lah, waktu yang paling tepat untuk berkumpul bersama dari berbagai angkatan paskibra.
4. Bahagia dan bersyukur karena bisa mengenal dan masuk di organisasi ini. Organisasi yg begitu terasa kebersamaan dan kekeluargaannya. Membentuk kepribadian dan yang baik.
Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15. Kami pun bergegas untuk pulang. Yah, waktu berarti udah ga lama lagi dong. Tinggal beberapa  jam agi. Oke..Cukup sampai disini ya ceritanya.
Dirgahayu Indonesia ke -68.
Salam Cinta tuk Paskibra SMA Negeri 7 Bandar Lampung, Semoga jaya selalu.
17.08.2013,04.50 WI B,@kapal,perjalanan menuju ke Bogor

0 comments:

Poskan Komentar