Kamis, 02 Januari 2014

#Tilawah

1. Berapa juz Anda #tilawah Al-Quran perhari? Jawabannya beragam. Ada yg sempat tilawah. Ada yg 1 juz. Bahkan mungkin ada yg lbh dr 1 juz.
2. Bagi org yg terbiasa #tilawah, 1 juz terasa ringan. Namun bagi yg baru belajar, mungkin memberatkan.
3. Mereka yg lancar membaca Al-Quran & telah memiliki target #tilawah harian, dahulunya jg sempat terbata-bata.
4. Dg seringnya kita #tilawah membuat lidah kita ringan mengucapkan ayat & lancar dlm membaca
5. Namun, jangan tanya dulu dpt pelajaran apa yg bisa diamalkan dr #tilawah mereka. Tanya pd diri kita, sejauh mana kualitas bacaan kita.
6. Ya, kualitas. Bukan kuantitas. Kuantitas mah nanti banyak sendiri dg seringnya #tilawah.
7. Ttg kualitas #tilawah, apakah #tilawah kita bisa dimengerti org yg paham bahasa Arab? Ataukah sekedar bunyi bak mantra?
8. Padahal tujuan #tilawah sesungguhnya adalah utk mengambil pelajaran & mengamalkannya. Bukan sekedar menuntaskan lembaran2 Al-Quran.
9. Bila tujuan #tilawah hanya sekedar menyelesaikan brp halaman target tilawah harian, wajar jika kepribadian kita tdk mencerminkan Al-Quran.
10. Pertanyaan sisi kedua, apakah bacaan kita sdh direkomendasikan seperti bacaan RasuluLlah ShallaLlaahu Alaihi wa Sallam?
11. Kalau pun tdk sama persis, sudahkah bacaan Al-Quran kita mirip dg bacaan RasuluLlah ShallaLlaahu Alaihi wa Sallam?



12. Adakah guru kita telah ridha dg bacaan kita shg mengizinkan kita #tilawah sendirian tanpa disimak? Ataukah kita hanya sekedar berbunyi?
13. Umumnya kita #tilawah yg penting kelar. Realita yg menyedihkan. :( Tak pernah berpikir ttg apakah makna yg kita ucapkan benar apa tdk.
14. Selaiknya kita memeriksakan kualitas bacaan kita kpd seseorang guru Al-Quran yg profesional di bidangnya sblm banyak2an #tilawah.
15. Lancar membaca bukanlah standar baiknya kualitas #tilawah. Yg harus diperhatikan pertama adalah kebenaran & ketepatan bacaan.
16. Bayangkan, bgmn rasanya kita membaca Al-Quran di hadapan Allah kelak di hari akhirat. Apa yg bisa kita katakan kpd-Nya ttg #tilawah kita?
17. Saudaraku - masih ada waktu utk membenahi kualitas #tilawah kita. Banyak lembaga Al-Quran & Asatidz yg profesional di bidangnya.
18. Mari, kita benahi bacaan Al-Quran agar kita & org yg menyimak turut menikmati #tilawah kita. Bukan malah mjd "sakit" krn menyimaknya.
19. Siapapun kita,org awam atau pun org "khusus" hendaklah menjaga kualitas #tilawah dg "menyetorkan" bacaan Al-Quran kpd seorang guru.
20. Sekiranya tdk mampu menyetorkan hafalan, batas minimum kita belajar membaca Al-Quran adalah membaca 30 juz di depan seorang guru.
21. Ya, minimal kita pernah membaca 30 juz Al-Quran di dpn seorang guru & dikoreksi per-hurufnya. Sudahkah kita mencapai batas mininum ini?
22. Semoga ALlah mudahkan kita utk #tilawah Al-Quran dg shahih & fasih..aamiin

Ust Hartanto Saryono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar