Rabu, 12 Maret 2014

Kebahagiaan yang Sederhana di Awal Maret

Bismillah....

Sudah hampir 2 minggu bulan Maret berlalu. Udah masuk Minggu ke-5 perkuliahan juga. Itu berarti waktu kita untuk mempersiapkannya tinggal 2 minggu lagi. Haduuh.. belum ada persiapan sama sekali. Ayo-ayo bangun malamnya lebih dirutinkan lagi. Biar bisa berduan dengan-Nya + belajar. Itulah pesan ustad kepada semua santri Al Iffah. Seimbang antara akademik dan ruhiyah. #KeceKe2nya

Banyak cerita menarik yang saya lalui selama awal bulan Maret ini antara lain mulai dari mabit, persiapan Rapat Umum Anggota dari BP Himpro Reesa,foto bareng ESL 48,dan terakhir kemarin, Ulang tahun pak komti ESL 48. Huaah...

Pertama,
Awalnya rada ragu, kira-kira mau dateng mabit ga ya ? Ya...habis udah mau mendekati jamal (jam malam) tapi belum tau tempatnya dimana. Tapi, hingga akhirnya jadi juga karena ada teman satu kosan yang tau. Ya, kita pergi bareng-bareng deh. Alhamdulillah. Pada mabit itu sebenarnya akan membahas hal yang cukup urgent terkait ke depannya. Tapi, belum masuk ke pembahasan inti. Waktu sudah semakin larut. Teman-teman sudah pada tidur. Akhirnya dipending. Mau tau ga, apa yang buat lama ? Ehm...kita semua ditanyain kabar-kabarnya, yaitu RUJAK (Ruhaniyah, Keuangan, Jasmani, Akademik dan Kesehatan) + Cerita menarik selama 1 minggu terakhir. Kalau udah cerita, pasti akan panjang, apaalagi cewe-cewe hehe. Tapi seru euy. Justru dari cerita itu kita bisa mengambil hikmahnya. Juga, bisa saling share info-info. Apalagi kakak-kakak 47 nya kece-kece. Bener-bener mengisnpirasi. Ini dia beberapa kutipan yang catat, insyaAllah masih sadar ko belum terbenam :D
"Buatlah target atau mimpi yang jangka panjang. Agar kamu selalu bisa semangat untuk bangun pagi disetiap harinya."
 Hal ini juga mengingatkan saya akan buku yang pernah saya baca juga. Ia bilang seperti ini,
"Target itu menjadi titik FOKUS hidupnya. Ia berdoa untuknya. Ia bekerja untuknya. Ia belajar untuknya. Bahkan, ia tidur bersama mimpi-mimpinya."
Nah, dengan meraih mimpi itu tanpa adanya amalan ruhiyah. Semua akan terasa hampa. Karena bagaimanapun usaha kita. Semua itu dapat terjadi atas kehendak dari-Nya. Memang, ketika kita sudah berusaha. Tapi urusan hasil atau akhir itu adalah RAHASIA dari-Nya. 
"Ketika kesempatan itu tiba. Jangan pernah untuk menyia-nyiakannya. Karena mungkin ia tidak akan datang 2 kali."
"Jangan pernah menyerah untuk meraih mimpi. Apalagi untuk mimpi-mimpi kita yang berbeda dari yang lainnya. Justru itu yang harus diperjuangkan agar terbukti kalau kita mampu meraihnya."
Kedua,
Pertama kali dapet info kalau bakalan ada RUA ( Rapat Umum Anggota) itu malam sekitar pukul 10an saat saya sedang ada talim di ponpes al iffah. Merasa ga sependapat dong, kenapa harus tiba-tiba ? Bayangin aja, baru dikasih tau hari minggu malem. Acara hari selasa. Otomatis cuma punya waktu 1 hari buat persiapan. Ckck gilee...
#Eits
tapi, ga boleh langsung su'udzon dulu nih. Jadi inget kata kakak kelas.
"Sebelum mengambil keputuasan. Komunikasikanlah terlebih dahulu. Tanya baik-baik. Agar tidak ada dusta dan negatif thinking diantara kita." hehe
Iya. Mencoba berkomunikasi dan bertanya baik-baik. Hingga akhirnya memang itulah keputusan terbaiknya. Oke deh. Kalau bahasa arabnya itu, Tsiqoh ajalah sama pak ketua. InsyaAllah menjadi keputusan yang baik.

Ini adalah kali pertama ngadain acara yang persiapannya hanya 1 hari. Betapa riwehnya saat itu. Harus memfix-kan AD/ART yang lumayan banyak isinya, Surat Keputusan, Surat Ketetapan, Undangan, Susunan acara hingga ke teknisnya. Hampir 5 jam kita membahas AD/ART. Tapi, cukup seru sih karena kita disitu bisa saling berpendapat dan saling memahami. Hingga tiba waktunya, acara pun dilaksanakan. Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Ya...kami sadari masih banyak kekurangan disana. Diakhiri dengan evaluasi. (Saat itu aku pamit duluan karena di kos-an aku ada jam malam, karena kalau lebih dari jam 9, ya ga boleh masuk apapun alasannya kecuali alasan akademik.)

Ketiga,
Akhirnya keinginan untuk foto bareng ESL 48 tercapai juga. Udah lama banget minta ke komti supaya diadain foto bareng. Tapi, lagi-lagi waktu yang memabatasi semuanya. Karena memang ada 1 misi yang ingin saya tuntaskan kalau udah foto bareng. (Nanti ya dijelasin cerita dibawah ini).

Terakhir, 
Kemarin, 11 Maret 2014.
Mungkin hari itu adalah hari yang special buat dia. Jelas. Karena 21 tahun yang lalu ia lahir ke dunia. Mengemban tugas untuk beribadah kepada Allah SWT. (QS. Adzariyat : 56). Ga nyangka kalau hal yang kita lakukan bakalan buat dia surprise dan menangis hehe (Melankolis sepertinya). Kita semua ESL 48 memberikan kado terindah (menurut saya sih, semoga) berupa sebuah video perjalanan dia selama menjadi pemimpin kami, ucapan anak-anak sebanyak 95 orang (masih kurang 6 orang sih, menyusul ya sisanya) dan bingkai foto ESL 48 di hari Lahirnya. 

Tepat setelah matakuliah ekonomi kehutanan selesai. Aku pun memberanikan diri untuk berbicara didepan kelas. Harus berani. Karena kalau ga gitu. Bakalan sia-sia usaha selama ini. #Lebay

Memulai dengan meminta izin ke teman-teman untuk meminta waktunya sebentar. Langsung deh ditampilin video, lamanya sekitar 7 menit. Saat sela-sela menonton video, yah ada-ada aja yang berpikiran kalau sefi itu.... Terserahlah. Toh kalau boleh jawab jujur. Saya sadar mungkin waktu didunia ini ga akan lama lagi. Karena masalah waktu itu adalah rahasia Tuhan. Ga ada yang tau. Makanya salah satu resolusi di tahun 2014 ini. Pengen banget memberikan kado/kesan terbaik buat orang-orang yang luar biasa dalam hidup saya baik itu keluarga, teman dan para ketua/pimpinan di organisasi saya. Salah satunya adalah dia. Ingin menjadi cahaya untuk diri sekitar dan lingkungan sekitar, yang artinya adalah bisa bermanfaat dan menorehkan seberkas tinta kebaikan kepada mereka. (Ini jawabannya, jadi jangan negatif thinking ya hehe) #IniSeriusLoh!

Kalau melihat ke belakang. Perjuangan untuk menghasilkan hadiah itu cukup besar. Berbeda dari sebelumnya. Riwehnya pake banget :D Jelas. karena memang ini itu berkesan mendadak banget. Baru kepikiran ide itu hari kamis. Hari jumat mulai beraksi, nyebarin kertas-kertas ucapan. terus dipotong sabtu minggu libur. Dan cukup sedih nih, saat kuliah hari senin, dimana kita 1 kelas bareng, isinya 1 ESL 48 tok, eh ga jadi kuliah. Ya Allah... misi gagal nih. Padahal udah pinjem-pinjem kamera buat video secara live dan kertas ucapan masih banyak yang belum ngisi. Haduuh... jadi pesimis.
"Ketika kamu memiliki masalah, ceritalah. Se-engganya hal itu ga cuma dipendem sendiri. Teras lebih plong kalau kita udah cerita ke orang lain."
Kata-kata yang membuat saya terpacu untuk meng-share ke temen-temen.

"Gimana nih, masih banyak dan kapan coba mau nyebarinnya ?" tanyaku kepada seorang teman.

Alhamdulillah saat ada kumpul BPH ESL 48, disana banyak temen2 kebetulan juga belum nulis. Langsung dah disodorin kertasnya. Alhamdulillah sedikit demi sedikit. Oh iya, salah satu alasan saya pengen banget foto bareng, ESL 48, yaitu karena pengen saat dia ulang tahun, dia lah yang pertama kalinya menerima foto kami semua di hari lahirnya. hehe. Berharap semoga bisa menjadi inspirasi buat teman-teman juga. Memberikan kado terindah buat orang yang 'berharga' dalam hidup ini. (Orang tua, sahabat, teman,dll). Tapi tidak mesti berupa materi. Sebuah 'cinta' pun tidak apa-apa. Seperti kutipan dalam buku serial cinta-Anis Mata ini :
’Cinta’ itu indah. Karena ia bekerja dalam ruangan kehidupan yang luas. Dan inti pekerjaanya adalah memberi. Serta, Para pecinta sejati hanya mengenal satu pekerjaan besar dalam hidup mereka : memberi. Terus memberi. Dan selamanya begitu. Menerima ? Mungkin, atau bisa juga jadi pasti ! Tapi itu efek. Hanya efek. Efek dari apa yang mereka berikan. 

Ya itulah cerita menariknya. Yang membuat diri ini merasa bahagia. Walaupun itu terlihat sederhana tapi ketika kita melakukannya dengan cara yang luar biasa. Semuanya akan bermakna dan punya arti.

Wallahu’alam
Rabu, 12.03.2014 II 23.39 wib

#MuslimahPembelajar

@sefiindria







0 comments:

Poskan Komentar