Jumat, 19 Februari 2016

Sedekah Kreatif



"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."
[QS. AL BAQARAH 2:261]

🍚🍗🍤🍖 
Siapkan nasi bungkus  dari rumah. Berikan ke yang kira-kira membutuhkan. Pedagang kecil. Pengemis. Orang gila. Pengamen. Anak terlantar etc. Ngga usah banyak juga gpp. Misal 1 bungkus setiap harinya.

🚿🛁🛀🏼 
Laundry/cucikan Mukena secara berkala musholla yg ada disekitar lingkungan kita.

👘👰🏼👘 
Berkala beli Mukena baru. Misal 3 bulan sekali. Malu dong sama Allah pake itu-itu mulu. Yang lama? Ya disedekahin ;)

🎁🎁🎁 
Bawa Mukena ketika akan berpergian. Tinggalkan di masjid/ musholla yg kita singgahi.

👚👕👔 
Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yg kita singgahi.

🎁🎁🎁 
Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur'an jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy dikantor. 1 parcel senilai 100ribu aja. Pahalanya bisa terus-terusan. InsyaAllah

👟👞👡 
Beli beberapa pasang sandal (banyak yang 10ribuan sepasang). Taruh di kantor atau musholla dan masjid untuk di gunakan ketika berwudhu. 

🚿🛁🚿 
Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan berikan secara berkala ke masjid-masjid.

👳🏻👦🏻👳🏻 
Buat yang shalat Jum'at. Datang 15 menit lebih awal. Bantu bersih-bersih dan beres-beres. Tidak kebayang pahalanya orang nyaman shalat gara-gara kita :)

🚿🛁🚿 
Kalau berwudhu kumpulkan airnya dalam ember (ditadahin gitu), sedekahkan untuk tanaman (sedekah alam).

🍶🍼🍶 
Kumpulkan botol minuman plastik/ botol bekas shampoo etc. Rusak dulu. Misal patahkan tutup botolnya. Agar tidak disalahgunakan. Setelah banyak berikan ke pemulung.

Belum pernah kan liat mata pemulung berbinar2 sambil ngucapin makasih berulang-ulang. Buat kita ngga ada harganya. Buat mereka langsung dikasih banyak yg mereka cari itu ruarr biasa rasanya.

🚚 🚛 🚚 
Lakukan sorting sampah di rumah, menjadi :
- Sampah wadah kemasan, plastik, kantong [untuk pemulung].
- Sampah dapur [untuk dijadikan kompos, sedekah untuk alam]
- Sampah kertas/karton [untuk pemulung]
- Sampah campuran [plus bayar iuran sampah, untuk sedekah tukang sampah]
- Sampah tulang [Buat mpus]

🍸🍹🍷
Kalau beli/disuguhi air minum dalam kemasan, kalau ada sisa bawa pulang. Airnya bisa disedekahkan untuk tanaman (sedekah alam), dan wadahnya dikumpulkan.

🍗🍛🍖🍶  
Kalau piknik dan bepergian atau makan diluar bawa tempat sampah untuk dibawa pulang, sehingga bisa disedekahkan sampahnya. Serta memberi sedekah kepada orang lain, karena menggunungnya sampah. Inget sampah tulang buat mpus yang udah nunggu dirumah. Semuanya jadi bermanfaat ga ada yang mubazir.

🐦🐧🐦🐧 
Beli beberapa burung (yang murah aja) lepaskan ke alam bebas.

🐯🐯🐯 
Beli makanan mpus siap saji (wis***) taruh di tas (toplesin). Ketika dijalan ketemu kucing liar berikan. (cat lovers pastinya agree bingits nih).

🍶🍼🍶  
Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian bungkus cantik hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah.

🙅🏻🙅🏻🙅🏻 
Jangan nawar sama pedagang kecil. Kalo bisa kasih lebih.

📎📰🔧
Beli tissue atau keperluan yg remeh temeh di pedagang kecil yg kita jumpai. Beli tissue 2000 rupiah atau ikat rambut atau peniti udah bikin mereka senang.

🍟🍤🍛🍧 
Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar beliin mereka seporsi seperti yang kita makan (mungkin sekitar 15ribuan seporsi nasi uduk ayam goreng atau roti bakar).

🍰🎂🍫🍞 
Siapa yg suka jualan makanan kecil dikantor? Gratisin buat yg buka puasa. Kebayangkan gorengan 2000 bisa bikin kita masuk surga. InsyaAllah.

🍰🎂🍫🍞 
Ada pembangunan masjid? Bisa bikin gorengan? Berikan beberapa ke pekerja. Misal 50 bakwan goreng dengan modal 25rb bisa bikin senang yg kerja :D

🙋🏻🙋🏻🙋🏻 
Selalu siap jika dimintai tolong tenaga jika sedekah materi belum bisa kita lakukan.

🚕🚋🚍💴 
Bayar lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek2 atau bapak tua.

💴💰💷 
Kasih tips lebih buat ibu/abang ojek online kalo kira-kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yg kira2 memprihatinkan (tua misalnya).

💴🚍🚖
 Ketika di bis/di angkot. Bayarin nenek-kakek yg keliatan kurang mampu/ Suami istri yg buta :'(

🍷🍹🍸 
Pas bulan Ramadan. Diperkirakan buka puasa diperjalanan. Angkot, bis, kereta, busway etc. Siapkan beberapa air mineral (gelas) pas adzan bagi-bagi. Kebayang beli 5000 aja udah dapat 10. Kita dapat 10 pahala beri minuman orang berbuka. InsyaAllah

✈🚗🚙🚀 
Tawarkan temen kita yang searah. Jika kita bawa kendaraan. Ingat ini yg sesama gen nya yaa :) kalo beda gen bisa panjang urusannya kalo terus menerus (paham kan?)

🎨😎🎨
 Buat Designer Grafis/ animator. Bantu bikin design poster Kajian/ bikin obb bumper buat video Kajian. Free😘

🎥📹🎥
 Buat Cameraman. Bantu ambil gambar pada saat Kajian. Untuk disebarluaskan di sosmed. Free juga dong 😘

🔈📣💻
 Buat para editor. Bantu ngedit video Kajian untuk disebar di sosmed or YouTube. Free pastinya 😘

📝📄📃 
Catat poin yang penting-penting ketika ikut Kajian. Seminar parenting or seminar-seminar yg bermanfaat buat banyak orang. Lalu ketik. Sebar di Whatsapp juga sosmed lainnya.

🏰🏩🏰 
Kebiasaan kami sekeluarga besar, kalo pulkam liburan (ke padang). Anak laki-laki diberi tugas bersihin toilet dan tempat wudhu masjid. Liburan yg keren kan ;)

🚲🐥🐸🚀 
Rutin mensortir mainan anak-anak kita. Buy 1 give 1. Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan. Ajari dan ajak anak kita ketika memberi mainan tersebut ke temannya atau panti asuhan.

🚲🐥🐸🚀
 Anak ultah? Bikin goodie bags. Kasih ke Panti Asuhan bareng anak. Ini melatih sikap empati anak kepada sesama.

👦🏻👳🏻👸🏻
 Punya ilmu? Misal bisa gambar, bisa ngajar Al Qur'an/Iqra. Jago matematika. Suka dunia anak? Sesekali pas wiken dateng deh ke rumah singgah. Buka kelas. Kebayang happy nya anak-anak terlantar di ajarin sama kakak yang mumpuni di bidangnya. Sahabat saya graphic designer handal udah melakukan ini. Beliau ngajarin gambar anak-anak. Proud of u Ca 😘

👭👬👫
 Beberapa bisa dilakukan dengan anak-anak kita. Biarkan anak-anak kita melihat kebaikan yang orang tuanya lakukan. Karena satu contoh perbuatan akan lebih efektif dari 100 nasehat. Semoga kebaikan-kebaikan ini selalu ada penerusnya hingga akhir jaman. Aamiin

Children see... Children do. Make your influence positif

📝📄📃
 Share status ini semoga jadi salah satu timbangan amal jariyah kita nanti. Aamiin
Segitu dulu. Mungkin yang lainnya mau menambahkan.
Semoga menginspirasi 😘💃💪🏻😉😇

Mulai dari hal yg terlihat sepele. Mulai dari diri sendiri. Mulai dari sekarang :D


#ayo_sedekah #sedekah kreatif.👏👍

0 comments:

Poskan Komentar