Rabu, 30 September 2015

UJIAN PALING BERAT yang bernama KEMUDAHAN .

1. Kehamilan dan persalinan yg mudah, lancar, normal cenderung tanpa kesulitan.. Sering membuat mencemooh yg susah hamilnya, penuh resiko, atau bErmasalah dgn kata2 mandul, manja, dll
.
2. Anak-anak yg cenderung sehat, serba normal, penuh aktivitas, mudah di urus, penuh kasih sayang.. Sering menimbulkan rasa riya' merasa diri ibu sempurna hingga merendahkan ibu yg lain dan enggan belajar..
.
3. Suami yg setia, ndak neko2, romantis dan begitu perhatian, membuat terlena untuk memperbaiki diri dan akhlak agar terus menjadi bidadari surga dan bukan pencela pasangan lain yg bermasalah..
.
4. Keuangan yg stabil, bahkan berlebihan, kadangkala membuat terlupa menengok ke bawah, lupa rasanya bersyukur, mudah menghakimi yg lain pemalas dan tak mau kerja keras layaknya dirinya..
.
5. Orangtua dan mertua yg pengasih, mudah beradaptasi, membuat kita merasa sempurna sbgai anak, sering membuat kita mudah menghakimi mereka yg brmasalah dgn orangtua dan mertua sebagai anak durhaka, tak tau terima kasih kasih..
.
6. ilmu yg tinggi, pengetahuan yg luas tanpa sadar membuat kita merasa lebih mumpuni, malas mengejar ilmu2 yg lain, akhirnya merendahkan dan menyepelekan mereka yg kita anggap tak seluas kita ilmu dan pengetahuannya.
.
7. Kemudahan dalam ibadah, sholat yg kita anggap tak pernah lalai, puasa yg tk putus, zakat milyaran rupiah, shodaqah tak terhitung, haji dan umroh berkali2, membuat kita merasa paling alim dan takwa, tanpa sadar tidak lagi mau belajar dgn alim ulama, enggan bergaul dgn mereka yg kita anggap pendosa..
.
Kemudahan itu ujian yg berat, melenakan sering mendatangkan penyakit hati tanpa disadari.. berhati-hatilah.

[Ustadz Hasan Al-Jaizy]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar