Rabu, 03 September 2014

KKN Kebangsaan #2

Bismillahirrohamnirrohim
3 hari di Paskhas TNI AU
Berkenalan dan mendapat teman baru dari berbagai universitas se-Indonesia merupakan moment yang bagus, sayang sekali jika dilewati. Selama 3 hari menjalani kegiatan pembekalan, rasanya itu campur aduk. Disatu sisi, kita harus berjuang untuk mendapatkan air, seneng bisa mendapatkan materi yang keren2 dari pembicara yang keren2 juga, bisa berkunjung ke pendopo kalbar dan yang paling penting adalah bisa bertemu dengan teman2 satu kelompok.  

Ø  Berjuang mencari air. (haha lebay)
Jadi gini, ditempat yang putri itu kamar mandi yang bisa dipakai hanya 3 buah. Sedangkan kami berjumlah ratusan. Otomatis berebut dong kalau mau mandi. Dan terlebih lagi, air yang mengalir di bak mandi pun tak lancar. Alhasil, kami harus mengunjal air dari sumur ke kamar mandi. Oke selesai. Eh ternyata belum, air yang dipakai bukan air yang jernih seperti biasanya melainkan seperti air payau/air hujan. Subhanallah....permulaan yang bener2 dahsyat. Latihan kali ya...biar ga shock saat di lokasi KKN. Tapi, kalau menelisik sisi lain. Ada hikmahnya juga nih. Biar kebagian mandi dan bisa nyuci, aku harus bangun pagi. Yah jam 02.00. Ketika semuanya asyik terlelap tidur, ayo bersegerlah menjadi yang pertama. Membangunkan salah seorang teman untuk mandi dan nyuci. Dan misi ini pun berjalan dengan lancar selama 3 hari itu. Dan dari situ, solat malam pun tak pernah absen. Alhamdulillah. Ada hikmah/pelajaran dalam setiap keadaan.  Ini dia beberapa dokumentasinya :

foto bersama dengan universitas lain

di Paskhas TNI AU

with umi, fatma dan saya

with winni, saya dan pw depan mobil Panglima TNI nih :D


Ø  Materi + Pembicara yang keren
Tak tanggung2, materi yang kami dapatkan mulai dari pagi hingga malam semuanya membuat menarik. Lelah...pastinya. Tapi, saya yakin, kita adalah masing-masing dari perwakilan universitasnya, merupakan orang2 yang ‘hebat’, rasa lelah tak mudah tuk menyurutkan rasa semangat ini. Iya kan ? hehe

                                         
Ø  Malam minggu di Pendopo
Akhirnya, berakhir sudah pembekalan selama 3 hari. Saatnya acara ramah tamah di pendopo kalbar. Sambil menikmati keindahan dan udara malam hari di kota pontianak, terbesit di hati. Ya..perjuangan baru dimulai kawan. Lakukan yang terbaik untuk nama kampusmu, IPB.


esl 48 - sefi umi dan yosephine

Ramah tamah di pendopo Gubernur Kalbar

Ø  Jumpa dengan teman satu kelompok
Eciee....ketemu juga nih dengan teman2 kelompok, yang akan menjadi team untuk satu bulan ke depan. Kelompok kami yang awalnya hanya ber 12, sekarang ditambah 2 orang lagi yaitu dari Universitas Hasanudin – Makassar dan STAIN Kalbar. Jadi, kita ber-14 deh. Ya, semoga bisa menjadi team yang akur, saling mendukung dan saling mengingatkan satu sama lain. Aamiin.

10 Agustus 2014
Tiba juga di hari pelepasan KKN Kebangsaan 2014. Adapun lokasi kkn tahun ini yaitu di kabupaten Sanggau, Sambas dan Bengkayang (kalau ga salah ya he). Semua terletak di perbatasan Malaysia-Indonesia. Ada 545 mahasiswa dengan 28 universitas dari seluruh Indonesia. Cukup menarik saat acara pelepasan ini, yaitu seperti ada pesta terjun payung. Kereen, baru pertama kali juga sih ngeliat secara live. Dan dari sini juga, kedekatan di kelompok semakin dekat. Iya dong, kan bakal berangkat nanti malam dan bakal bersama-sama satu bulan, masa masih kaku aja :D

Kita tahu, makanan pokok yang ada di desa sana pasti akan jauh lebih mahal. Makanya, dari kelompok kami, berinisiatif untuk belanja seperti beras, mie, bumbu2 dapur, gula, dll untuk beli di pontianak saja. Ga pa2 bawa berat-berat, toh nanti juga kita bakalan naek bus.

Kalau menurut jadwal keberangkatan, kami akan berangkat khusus kabupaten Sanggau itu malam sekitar pukul 21.00. Tapi apa daya, Allah berkehendak lain yang disertai hujan yang lebat, cukup memperlambat perjalanan kami, yang pada akhirnya kami berangkat pukul 02.00 pagi. Ya,,, tetap berhusnudzhon saja. Yakin saja, setiap keadaan atau peristiwa yang ia berikan, adalah yang terbaik dari-Nya.

foto bersama saat pelepasan di GOR UNTAN

11 Agustus 2014
08.30 >> Alhamdulillah tiba juga di terminal Entikong, yang sekaligus bersebelahan dengan kecamatan Entikong. Disambutlah kami disana. Hm....panas ya, hehe. Ya,,, kata temanku kalbar memang panas kawan. Jadi, harap bersabarlah.

12.30 >> tiba di kecamatan Kembayan. Disambut oleh pihak kecamatan dan masing2 kepala desa. Ada desa Tanap, Tunggal Bhakti, Kelompu dan Tanjung Merpati. Dan baru tersadar, kalau penduduk disini memang mayoritas beragama kristen. Pantas tadi tidak dibuka dengan salam dan tilawah. Kebiasaan di kampus hehe.


14.00 >> merasa deg2an nih. Kira2 tempat tinggal kami seperti apa ya. Huu....dan ternyata. Wah...masyaAllah. Rumah kosong, baru dibangun sepertinya. Hanya tersedia tikar, karpet, alat masak dan bantal. 

Ya,,,perjuangan baru dimulai. Senyum, Semangat, kawan.... No Ngeluh !!

0 comments:

Poskan Komentar