Rabu, 13 September 2017

Nama pena @hamasahilmy



Hamasah adalah sebuah kata bahasa arab yang artinya “gelora” atau “semangat”.  Sedangkan ‘Ilmy  adalah ilmu. Jadi, maknanya adalah semangat berilmu. Kurang lebih seperti itu. Dibalik sebuah nama ada sebuah harapan. Harapan dari arti nama tersebut. Aku  menamai @hamasahilmy sebab aku ingin terus bersamangat untuk menambah dan meng-upgrade­ ilmuku. Insya Allah.

Pada hakikatnya, menuntut ilmu adalah proses belajar yang tidak akan pernah berakhir sampai tiba waktunya ketika kita sudah meninggal, kewajiban menuntut ilmu itu akan berakhir Tahukah kamu bahwasanya orang-orang yang berilmu itu tergolong orang yang istimewa. Sebagaimana hal itu dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya di Al-Qur`an :

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan
orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.
(QS. Al-Mujaadilah :11)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Dalam sebuah hadist shahih, dijelasakan pula orang-orang yang  berilmu akan  dimudahkan jalannya ke Surga oleh Allah dan senantiasa didoakan oleh para malaikat. Selain itu, ada yang lebih dahsyat lagi, yaitu ketika kita membagikan ilmu itu kepada orang lain, kelak akan menjadi ilmu yang bermanfaat dan akan menjadi  amalan jariyah (amalan yang tidak akan terputus meskipun kita sudah tidak ada didunia ini). Masya Allah.

Hal itulah yang menjadi motivasiku untuk harus semangat mencari ilmu dan ingin menjadi seorang penulis. Banyaklah membaca, menulis dan memperhatikan hal-hal sekitar lingkungan kita. Sebab pada dasarnya, seorang penulis adalah seseorang yang dituntut untuk lebih peka kepada sekitar, mata yang lebih tajam dalam melihat sebuah fenomena, telinga yang lebih banyak mendengar, perenungan hati yang lebih dalam dan pola pikir yang lebih luas.

Well, I think enough to describe  my author name. Teruslah belajar untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik hingga kita bisa menebar kebaikan atau kebermanfaatan untuk sesama, bangsa dan agama.  Semoga istiqomah. Doakan yah.
Serang, 8 September 2017

-Hamasah Ilmy-
Sang Pemburu Ilmu 

#tugasRD #namapena

(pict by medinaquran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar